Berita
Pemkab Tanah Datar berkomitmen dalam pengelolaan kearsipan

Pemkab Tanah Datar berkomitmen dalam pengelolaan kearsipan

Jumat, 08 April 2022 | 10:08 WIB | Lintas SKPD
Pemkab Tanah Datar berkomitmen dalam pengelolaan kearsipan

Pemerintah Kabupaten Tanah Datar , Sumatera Barat berkomitmen terhadap pengelolaan kearsipan sebagaimana tertuang dalam visi misi kelima daerah yakni mewujudkan tata kelola pemerintah yang akuntabel efektif dan efisien.

Pengelolaan arsip juga memiliki nilai penting karena merupakan bahan bukti sah dimata hukum jika sesuatu hal terjadi.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian saat membuka rapat koordinasi kearsipan daerah dalam rangka meningkatkan sadar tertib arsip bagi perangkat daerah, di Aula Eksekutif, Kantor Bupati setempat, Kamis (7/4/2022).

Ia mengatakan sesuai dengan hasil rapat yang dilakukan pada tahun lalu, Bupati Tanah Datar memberikan disposisi akan menegur langsung OPD yang pengelolaan arsip  masih di zona merah.

Dari catatan masih ditemukan sebanyak 10 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berada di zona merah dan 26 OPD di zona kuning dalam hal ini akan diberikan waktu untuk memperbaiki selamat satu tahun.

"Untuk OPD yang masih berada di zona merah kita memberikan waktu satu tahun, perbaikilah, tidak perlu berlama-lama. Meski pejabat baru tapi OPD nya bergerak bukan karena kepala OPD nya saja, jadi kami berharap segera dilakukan upaya-upaya perbaikan," kata Wabup. 

Pada kesempatan itu Wakil Bupati juga mengapresiasi dua OPD yang berada di zona hijau dalam pengelolaan kearsipan, yakni Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kerasipan Tanah Datar Erizal Ramli  mengatakan Rakor kerasipan pemerintah daerah guna mewujudkan sadar arsip, sehingga meningkatkan kualitas penyelengaraan kearsipan di lingkungan pemerintah kabupaten Tanah Datar.

Ia berharap melalui Rakor ini, OPD mampu melaksanakan penataan arsip dinamis, melalukan penyelamatan dan penyerahan arsip statis yang ada di perangkat masing-masing. (Et/IKP/Kominfo)
Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD
Sekretariat Inspektorat Dinas Badan Kantor Kecamatan

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
RADIO LUHAK NAN TUO 102.5 FM
Social Media
Facebook
Tanah Datar TV
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id