Berita
Tanah Datar Targetkan Nagari Tuo Pariangan Tembus Lima Besar ADWI 2022

Tanah Datar Targetkan Nagari Tuo Pariangan Tembus Lima Besar ADWI 2022

Kamis, 28 April 2022 | 15:41 WIB | Umum
Tanah Datar Targetkan Nagari Tuo Pariangan Tembus Lima Besar ADWI 2022



Tanahdatar, Nagari Tuo Pariangan menjadi satu-satunya wakil Kabupaten Datar yang melaju ke 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang diselenggarakan  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenpar Ekraf) tahun 2022.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora) Tanah Datar Hendri Agung Indrianto mengharapkan, Nagari Pariangan bisa terus maju dan tembus minimal lima besar ADWI 2022.

Capaian ini menjadi hal yang luar bisa karena diantara sekian desa di Indonesia, Tanah Datar masuk 50 terbaik, dan saat ini pihaknya tengah mempersiapkan upaya dalam pemenuhan kriteria termasuk disegi kebersihan. 

"Kita mendapatkan rahmat yang luar bisa pada bulan Ramadhan ini, Tanah Datar masuk desa wisatanya ke 50 besar ADWI nasional. Saat ini kita menyiapkan lebih baik dan ditargetkan Nagari Tuo Pariangan bisa tembus minimal lima besar ADWI 2022," kata Agung Indrianto usai menghadiri Bimtek Top 50 ADWI 2022 di Batusangkar Kamis, (28/4/2022)

Dijelaskannya, setidaknya ada tujuh kriteria yang nantinya dipersiapkan menjadi penilain pada ADWI 2022 yaitunya, ketegori daya tarik, home stay, souvenir, toilet umum, CHSE, digital conten dan kreatif, kelembagaan dan pengelolaan.

Agung mengucapkan terterima kasih kepada semua pihak terkait, baik itu Nagari, Pokdarwis, dan lainnya yang telah mendukung dalam mempersiapkan diri menuju lima besar nasional. 

Menurutnya masuk 50 besar saja banyak sekali keuntungan atau bennefit yang bisa diambil. Contohnya berkunjungnya menteri ke Tanah Datar dan banyak bantuan-bantuan yang didapatkan dari kementerian. 

Bantuan tersebut baik berupa pendidikan dan pelatihan dan yang terutama sekali bantuan berupa promosi objek wisata.

"Kami harapkan ini menjadi pemicu bagi Nagari lain tidak saja di Tanah Datar tapi untuk daerah lainnya diseluruh Sumatera Barat," jelasnya.

Sebelumnya melalui zoom Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengucapkan selamat kepada perwakilan yang masuk 50 besar yang tersebar di 34 provinsi.

ADWI merupakan apresiasi kepada masyarakat penggerak sektor pariwisata dalam upaya percepatan pembangunan desa, mendorong transformasi sosial, budaya, dan ekonomi desa.

ADWI juga mendukung Pemerintah Daerah berkomitmen mengembangkan desa wisata guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan rakyat, menghapus kemiskinan, mengatasi pengangguran, melestarikan alam, lingkungan dan sumber daya, serta memajukan kebudayaan.
Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD
Sekretariat Inspektorat Dinas Badan Kantor Kecamatan

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
RADIO LUHAK NAN TUO 102.5 FM
Social Media
Facebook
Tanah Datar TV
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id