Berita
Bupati Tanah Datar Buka Satu Nagari Satu Event Perdana di Nagari Andaleh Baruh Bukik

Bupati Tanah Datar Buka Satu Nagari Satu Event Perdana di Nagari Andaleh Baruh..

Kamis, 05 Mei 2022 | 19:06 WIB | Umum
Bupati Tanah Datar Buka Satu Nagari Satu Event Perdana di Nagari Andaleh Baruh Bukik



Tanahdatar, Bupati Tanah Datar, Sumatera Barat Eka Putra membuka secara resmi perhelatan pertama Satu Nagari Satu Event bertempat di Nagari Andaleh Baruh Bukik Rabu, (4/5/2022). 

Peresmian ditandai dengan pemukulan Gendang oleh Bupati Tanah Datar  didampingi Ketua TPP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra,  Kepala Dinas Pariwisata Provins Luhur Budianda, Kepala Dinas Pariwisata Tanah Datar Agung Indrianto dan perwakilan lainnya.

Bupati Tanah Datar dalam sambutannya memuji  dan bangga kepada  masyarakat Nagari Andaleh Baruh Bukit Kecamatan Sungayang, yang rutin setiap tahun menggelar event Sepekan Alek Nagari Andaleh Baruh Bukit.

Sepekan  Alek Anak Nagari Andaleh Baruh Bukik, merupakan warisan budaya yang sudah turun temurun dari tahun ke tahun, acara ini juga dimanfaatkan sebagai ajang silaturrahim antara masyarakat yang ada di kampung dengan masyarakat perantauan.

Berdasarkan potensi dan sejarahnya yang panjang itu, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar telah menetapkan Sepekan Alek Nagari Andaleh Baruh Bukit sebagai salah satu nagari yang melaksanakan Satu Nagari Satu Event tahun 2022 dari 14 Nagari yang telah ditetapkan.

Melalui pelaksanaan Satu Nagari Satu Event diharapkan memacu aktifnya sanggar-sanggar kesenian di nagari, klub olahraga nagari, umkm, meningkatnya kunjungan wisatawan ke nagari di Tanah Data, hingga terjadi peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

Wali Nagari Andaleh Baruh Bukik
Albayani Dt.  Paduko Besar Dalam Laporannya Menyampaikanbahwa Sepekan Alek Anak Nagari Andaleh digelar mulai tanggal 4 Mei sampai 10 Mei 2022.

Acara tersebut akan  menampilkan berbagai kesenian spesifik minang dan permainan tradisional, yang mengangkat kearifan lokal seperti pencak silat, tari piriang dabuih, lukah gilo, cimuntu, yang ditampilkan oleh sanggar sanggar seni yang ada di nagari Andaleh Baruh Bukik
.

Setelah pembukaan secara resmi, Bupati Tanah Datar beserta rombongan melakukan kunjungan ke stand   pedagang, untuk melihat aneka kuliner dan UMKM yang ditampilkan. 

Karena salah satu tujuan pelaksanaan Satu Nagari Satu event salah satunya adalah untuk peningkatan ekonomi masyarakat melalui transaksi di Stand lokasi event.
Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD
Sekretariat Inspektorat Dinas Badan Kantor Kecamatan

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
RADIO LUHAK NAN TUO 102.5 FM
Social Media
Facebook
Tanah Datar TV
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id