Berita
Cara mendapatkan program bajak gratis dari Pemkab Tanah Datar

Cara mendapatkan program bajak gratis dari Pemkab Tanah Datar

Sabtu, 14 Mei 2022 | 10:36 WIB | Umum
Cara mendapatkan program bajak gratis dari Pemkab Tanah Datar

Cara mendapatkan program bajak gratis dari Pemkab Tanah Datar

Tanahdatar - Kabupaten Tanah Datar sebagian besar masyarakatnya bergerak pada sektor pertanian. Sektor pertanian selama tahun 2020 memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sebesar 29,81 persen.

Dalam hal ini alat dan mesin pertanian (Alsintan) mempunyai peranan yang sangat penting dalam meningkatkan pendapatan petani.

Guna percepatan pembangunan bidang pertanian dan upaya meringankan beban petani tersebut, Pemkab Tanah Datar meluncurkan 10 Program Unggulan (progul) dan salah satunya program layanan bajak gratis.

Bagaimana cara mendapatkannya? 

Pertama, Petani atau Kelompok Tani harus mengisi surat permohonan Layanan Bajak Gratis yang ditujukan kepada Dinas Pertanian yang ditandatangani oleh Petani, Ketua Kelompok Tani (Poktan) dan Wali Jorong. Blanko tersebut disiapkan oleh Brigade Alsintan di Kecamatan. 

Kedua, Dinas Pertanian melalui Manajer pada sub Brigade Alsintan bersama Penyuluh Pertanian di Nagari akan melakukan verifikasi terhadap permohonan yang diajukan. 

Ketiga, Dari hasil verifikasi tersebut, Manajer sub Brigade Alsintan akan mengeluarkan Berita Acara Verifikasi yang ditandatangani oleh Manajer, Penyuluh Pertanian Nagari dan Wali Nagari, (blanko disiapkan dan Berita Acara ditandatangani maksimal 2 hari setelah permohonan diterima). 

Keempat, Jika Berita Acara Verifikasi dinyatakan layak, Manajer memerintahkan operator untuk melaksanakan pembajakan lahan. 

Kelima, Setelah pembajakan lahan selesai, Manajer dan Penyuluh Pertanian Nagari melakukan pengukuran lahan yang telah dikerjakan oleh operator dan menandatangani Berita Acara Pengukuran Luas Bajak yang diketahui oleh Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan.

Keenam, Kelengkapan administrasi disampaikan kepada Pengelola Administrasi untuk dilakukan verifikasi yang selanjutnya hasil verifikasi tersebut disampaikan oleh Pengelola Administrasi kepada Dinas untuk dijadikan dasar pembayaran kepada Operator.

Berikut cara mendapatkan program layanan bajak gratis dari pemerintah daerah Tanah Datar, masyarakat juga bisa mendatangi Jorong atau Nagari setempat untuk mendapatkan informasi terkait Progul Bajak Gratis. (Tim Kominfo)
Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id