Berita
Dispar Sumbar Dukung Satu Nagari Satu Event di Tanah Datar

Dispar Sumbar Dukung Satu Nagari Satu Event di Tanah Datar

Rabu, 19 Oktober 2022 | 09:19 WIB | Seputar Kecamatan
Dispar Sumbar Dukung Satu Nagari Satu Event di Tanah Datar

Kominfo Tanah Datar - Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat mengapresiasi dan mendukung program unggulan satu nagari satu event di Kabupaten Tanah Datar karena bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Kami menyambut baik di provinsi, karena ini nyata bisa menumbuhkan dan meningkatkan ekonomi masyarakat," hal itu disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat, Luhur Budianda saat menghadiri satu nagari satu event di Nagari Pangian, Kecamatan Lintau Buo Sabtu, (15/10).

Luhur menjelaskan, sektor pariwisata merupakan salah satu sektor unggulan dalam menggerakkan ekonomi masyarakat di Sumatera Barat. Meskipun terdampak pandemi COVID-19, namun sudah mulai membaik seiring melandainya kasus tersebut.

Berdasarkan kajian Dinas Pariwisata Sumatera Barat, satu kali kunjungan wisatawan ke Sumatera Barat dengan lama kunjungan 1,45 hari akan mengeluarkan uang sekitar 1.3 juta rupiah.

"Dapatkah kita dari sekian uang beredar tersebut? Nah, dengan adanya upaya bupati satu Nagari satu event, ini merupakan langkah dan momentum dalam meningkatkan kunjungan ke Sumbar dan kami sangat sambut baik di Provinsi," jelasnya.

Sementara itu Bupati Tanah Datar Eka Putra SE. MM mengatakan, Festival Pesona Budaya Pangian yang merupakan rangkaian ke 11 dari program unggulan Satu Nagari Satu Event tahun 2022 di Kabupaten Tanah Datar.

Festival Pesona Budaya Pangian dimeriahkan berbagai macam atraksi, mulai dari arakan pawai budaya, arakan pawai 1000 kucuik, marandang baluik, penampilan silek lintau (Pangian), Pangian Fashion Street, pasar kuliner, pameran UMKM, penampilan seni anak nagari, dan lainnya.

Bupati berharap dengan adanya event ini dapat menggali potensi kearifan lokal yang merupakan kekayaan anak nagari untuk dilestarikan dan diwariskan ke anak cucu nantinya.

"Semoga adanya event ini anak-anak kita kembali termotivasi untuk mempelajari kearifan lokal di masing-masing nagari, memacu aktifnya sanggar nagari, dan olahraga di nagari dan tentunya juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD
Sekretariat Inspektorat Dinas Badan Kantor Kecamatan

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
RADIO LUHAK NAN TUO 102.5 FM
Social Media
Facebook
Tanah Datar TV
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id