Berita
Sambut Kunjungan Dinas Kominfo Kampar, Yusrizal Paparkan Program Unggulan Tanah Datar

Sambut Kunjungan Dinas Kominfo Kampar, Yusrizal Paparkan Program Unggulan Tanah..

Kamis, 24 November 2022 | 07:19 WIB | Umum
Sambut Kunjungan Dinas Kominfo Kampar, Yusrizal Paparkan Program Unggulan Tanah Datar

Kunjungan Dinas Koinfo Kampar Riau

Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Tanah Datar kedatangan tamu dari Dinas Kominfo Kabupaten Kampar Riau pada Rabu, (23/11).
Kehadiran Dinas Kominfo Kabupaten Kampar disambut baik oleh Kadis Kominfo Tanah Datar Drs. Yusrizal MM, didampingi Kepala Bidang IKP Roza Melfita S. STP, dan pranata humas Febreni SE.
Pada kesempatan tersebut Yusrizal mengucapkan selamat datang dan mengucapkan terimakasih atas kunjungan tim Kominfo Kampar ke Kabupaten Tanah Datar.
Yusrizal memaparkan, dibawah kepemimpinan Bupati Eka Putra dan Wakil Bupati Richi Aprian Kabupaten Tanah Datar memiliki 10 program unggulan yang menyentuh langsung ke akar rumput.
Salah satu program unggulan pemerintah daerah yang paling buming itu adalah satu Nagari satu event yang melibatkan langsung masyarakat.
Dengan tujuan menggali kearifan lokal, potensi di setiap Nagari, serta memacu aktifnya sanggar-sanggar dan olahraga yang ada di Nagari.
"Untuk tahun ini baru 14 Nagari di 14 Kecamatan yang melaksanakannya, tahun besok diperkirakan ada 28 Nagari ditambah 14 yang telah melaksanakan," katanya.
Lebih lanjut kata Yusrizal, karena sebahagian besar wilayah dan mata pencaharian masyarakat Tanah Datar adalah bertani, dari 10 program unggulan Pemerintah Daerah tersebut empat diantaranya ada disektor pertanian.
Diantaranya, layanan bajak gratis, asuransi tanaman padi dan ternak, jaringan irigasi, dan peningkatan pupuk bersubsidi.
Untuk layanan bajak gratis pada 2022 Pemkab Tanah Datar menargetkan sebanyak 4200 hektare, dan untuk asuransi tanaman padi dan ternek menargetkan 2000 hektare lahan dan 2000 ekor ternak.
"Alhamdulillah untuk asuransi tanaman dan ternak tersebut sudah mencapai 100 persen, sementara untuk kuota pupuk subsidi untuk Tanah Datar sebenarnya cukup, tapi masih terkendala distribusi," kata Yusrizal.
Selain disektor pertanian, Pemkab Tanah Datar juga memiliki program unggulan lainnya "Makan Rendang di Tanah Datar" maksudnya Maksimalkan Pemberantasan Rentenir Agar Hilang di Tanah Datar"
Program tersebut memang keinginan Bupati dan Wakil Bupati dalam meningkatan kesejahteraan masyarakat bekerjasama dengan Bank Nagari dengan sasarannya adalah pedagang UMKM dan kaki lima.
"Untuk mendukung itu kita di dinas Kominfo juga bekerjasama dengan BBPSDM Kominfo Medan dalam meningkatkan sumber daya manusia dengan jumlah 5000 seat pada 2022, dan itu sangat bermanfaat bagi UMKM karena disitu diajarkan kiat-kiat dalam pemasaran dan teknik lainnya,"
"Selain itu program di Dinas Kominfo sendiri yaitunya di bidang E-Govermen kami didukung oleh Telkom dalam urusan jaringan telekomunikasi. Secara keseluruhan untuk wilayah Tanah Datar saat ini lebih 80 persen sudah memiliki jaringan telekomunikasi," sambung Yusrizal.
Sementara itu Perwakilan Dinas Kominfo Kampar Gusniwati menyampaikan ucapan terimakasih atas sambutannya di Tanah Datar.
Ia menyebut adapun kunjungannya ke Dinas Kominfo Tanah Datar selain menjalin silaturahmi juga melakukan kunjungan edukatif dalam rangka sharing informasi.
Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD
Sekretariat Inspektorat Dinas Badan Kantor Kecamatan

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
RADIO LUHAK NAN TUO 102.5 FM
Social Media
Facebook
Tanah Datar TV
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id