Berita
Shalat ID berlangsung selama dua hari

JEMAAH SHALAT ID PENUHI LAPANGAN CINDUA MATO

Senin, 06 Oktober 2014 | 14:07 WIB | Umum
JEMAAH SHALAT ID PENUHI LAPANGAN CINDUA MATO

Sungguhpun Slalat Idul Adha di Batusangkar dilaksanakan dua hari, keduanya berlangsung sukses dan PHBI serta pemerintah daerah memfasilitasi kedua hari tersebut. Untuk hari pertama Sabtu (4-10) bertindak sebanagai Khatib Drs.H.Irdinansyah Tarmizi (Wakil Bupati Tanah Datar), dan hari kedua Minggu Nasfizar, SE,Msi (Ketua Jurusan Syariah STAIN Batusangkar, sementara Bupati M.Shadiq Pasadigoe menghadiri kedua hari pelaksanaan Shalat Idul Adha di Batusangkar.

Lebih dari sepuluh  ribu jemaah penuhi lapangan Cindua Mato Batusangkar, ikut hadir pada hari kedua anggota Muspida, ketua DPRD Zuldafri Darma, Kepala kemenang Malikia, kepala SKPD, para perantau dan jemaah yang memenuhi lapangan Cindua Mato Batusangkar. Habis melaksanakan Shalat Id, Bupati M.Shadiq Pasadigoe open house di gedung Indo Jolito dan masyarakatpun ramai-ramai mencicipi buka puasa habis shalat Id, begitu juga Wakil Bupati Irdinansyah Tarmizi dan Sekda Hardiman juga melaksanakan openhouse dikediaman masing-masing selama dua hari.

Malikia mewakili ketua PHBI melaporkan, pada tahun ini 185 jemaah haji Tanah Datar yang sedang menunaikan rukun Islam kelima alhamdulillah semuanya sehat dan akan kembali pada tanggal 26 Oktober 2014, untuk dapat menunaikan ibadah hari mendaftar hari ini bisa berangkat tahun 2028. Kemudia pelaksanaan Qurban disekitar kota Batusangkar dilaporkan sebanyak 84 ekor sapi dan 5 ekor kambing, Korpri Tanah Datar 20 ekor sapi,  ini yang tercatat dan melaporkan kepada PHBI, sementara masih banyak korban yang belum tercatat.

Bupati M.Shadiq Pasadigoe dalam sambutannya menyampaikan pada tahun ini pelaksanaan Shalat Idul Adha di Tanah Datar berlangsung dua hari sesuai keyakinan masing-masing, kedua hari pelaksanaan Shalat Id tetap difasilitasi oleh PHBI dan Pemerintah Daerah mulai dari kabupaten, kecamatan dan Nagari, jadi tidak ada permasalahan dan tidak perlu dipermasalahkan karena ini merupakan akidah masing-masing.

Pelaksanaan Qurban di Tanah Datar rata-rata meningkat pada setiap lokasi, baik di Mesjid, Mushalla, maupun ditempat-tempat umum, yang penting bagaimana pelaksanaan Qurban itu berjalan dengan baik dan pembagian daging Qurban itu juga tepat sasaran.  Bagi saudara kita yang tidak mampu beli daging, maka pada saat hari raya qurban inilah mereka sama-sama merasakan makan daging.

Bupati Shadiq menghimbau kepada masyarakat yang sudah mampu berqurban marilah kita berqurban, karena Allah memang mewajibkan kita yang mampu untuk berqurban.  Kebahagian masyarakat miskin pada hari raya qurban ini juga dapat kita rasakan bagaimana mereka selama ini sangat jarang bahkan tidak sama sekali memakan daging.

Sangat banyak makna yang terkandung dalam qurban ini, disamping kita berqurban hewan untuk disembelih juga dapat berkorban untuk mengatasi kemiskinan didaerah kita, masih banyak masyarakat miskin yang memerlukan bantuan, sementara kemampuan Pemerintah Daerah sangat terbatas. Partisipasi masyarakat untuk membantu keluarga kita yang miskin sangat diharapkan, selama ini kita bertrerima kasih kepada perantau yang telah banyak membantu sanak kelurga dan masyarakat dikampung halaman.

Sementara itu Khatib Nasfizar dalam kotbahnya menyampaikan, pada hari raya Idul Adha ada dua panggilan Allah kepada umatnya, pertama melaksanakan ibadah haji bagi yang mampu dan kedua melaksanakan qurban.  Kedua ibadah ini sangat besar sekali maknanya bagi kehidupan manusia, baik didunia maupun untuk akhirat.  Ketahuilah bahwa manusia diciptakan Allah semata-mata untuk menyembahnya, sebagai manusia wajib mengerjakan yang dianjurkan agama Islam dan meninggalkan yang dilarangNYA.

Menyikapi kondisi negara kita saat ini betapa banyak perbuatan maksiat dan perbuatan yang dilarang Allah dilakukan oleh manusia, mereka itu semata-mata hanya memikirkan kehidupan dunia dan lupa bahwa hidup didunia ini hanya sementara dan kehidupan yang hakiki itu adalah akhirat.  Untuk itu Khatib menghimbau jauhilah yang dilarang Allah dan kerjakan semua perintahNYA, insha Allah kita akan selamat hidup didunia dan akhirat. (Humas).

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD
Sekretariat Inspektorat Dinas Badan Kantor Kecamatan

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id