Berita
Penyambutan Tahun Baru Hijriah di Tanah Datar

SYIAR MUHARRAM DIMERIAHKAN DENGAN KEGIATAN ISLAMI

Selasa, 14 Oktober 2014 | 15:43 WIB | Umum
SYIAR MUHARRAM DIMERIAHKAN DENGAN KEGIATAN ISLAMI

Penyambutan tahun baru 1436 H di kabupaten Tanah Datar dimeriahkan dengan berbagai kegiatan Islami dimulai tanggal 23 sampai 25 Oktober 2014, kegiatan juga akan dimeriahkan dengan apel didikan subuh gabungan dilanjutkan dengan pawai keliling kota Batusangkar  yang akan dihadiri sekitar 25.000 TPA/TPSA se Tanah Datar.

Rapat persiapan memperingati tahun baru hijriah yang dipimpin Asisten Administrasi Pembangunan Helfi Rahmi Harun di Aula Kantor Bupati setempat, Selasa (13-10) disambut positif oleh semua peserta rapat. Ikut hadir Kabag OPS Polrers Tanah Datar, Staf Ahli Bupati Adrion Nurdal, Kepala Kemenang, Kepala SKPD, Ketua MUI, PHBI, BKMT, LDS, BKS TPA serta undangan lainnya.

Menurut Rahmi, Bupati M.Shadiq Pasadigoe dan Wakil Bupati Irdinansyah Tarmizi menginginkan peringatan tahun baru islam ini diperingati semeriah mungkin, bukan semata diperingati dengan acara serimonial belaka, tetapi diselenggarakan rangkaian kegiatan yang Islami.  Untuk suksesnya kegiatan peringatan tahun baru hijriah nanti akan disusun kepanitiaan, jadi jelas masing-masing seksi akan bertanggung jawab sesuai bidang tugasnya.

Berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain, Festival Qasidah Rebana dan Bintang Kasidah antar remaja se Tanah Datar dilaksanakan tanggal 23 Oktober 2015, Festival MSQ antar remaja se Tanah Datar berlangsung tanggal 24 Oktober 2014,  bertempat di lapangan Cindua Mato Batusangkar. Lomba Cerdas Cermat tingkat SD/MI se Sumbar tanggal 25 Oktober 2014 di SMP 5 Batusangkar, lomba Nasyid dan lomba Story Telling tingkat SLTP/MTS se Sumbar di Gedung Nasional Batusangkar .

Pada hari Sabtu 25 Oktober 2014 dilaksanakan apel didikan subuh gabungan se Tanah Datar di lapangan Cindua Mato Batusangkar dan dilanjutkan dengan pawai keliling kota Batusangkar, sekitar 25.000 murid TPA/TPSA akan hadir acara didikan subuh tersebut.

Puncak peringatan tahun baru hijriah pada hari Minggu 25 Oktober 2014 diawali dengan shalat Ashar berjemaah dilapangan Cindua Mato Batusangkar yang juga dihadiri Majelis Taklim se Tanah Datar, memasuki waktu Magrib yang merupakan waktu pertukaran tahun hijriah dilakukan pemukulan beduk oleh Bupati M.Shadiq Pasadigoe, Wakil Bupati Irdinansyah Tarmizi, Ketua DPRD dan Muspida yang diiringi juga dengan pukulan Gendang Tambuah, selanjutnya disambut dengan azan magrib oleh 3 orang muazim dan dilanjutkan dengan shalat Magrib berjemaah.

Usai Shalat Magrib menjelang shalat Isha dilaksanakan Magrib mengaji karena usai shalat magrib diikuti dengan membaca Al-Quran bersama, karena program Magrib mengaji sudah lama fakum, maka pada hari itu Bupati M.Shadiq Pasadigoe mencanangkan kembali program Magrib mengaji, dan pada hari itu Bupati M.Shadiq juga mematikan TV tanda dimulainya Magrib mengaji.

Diharapkan kepada masyarakat Tanah Datar dapat sama-sama memeriahkan penyambutan tahun baru hijriah ini dengan berbagai kegiatan yang islami, jangan hannya tahun baru masehi yang diperingati dengan meriah, ujar Rahmi. (humas).

 

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD
Sekretariat Inspektorat Dinas Badan Kantor Kecamatan

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id