Berita
Raker Kecamatan Salimpaung

HARGA SAYUR ANJLOK, PETANI MERUGI

Kamis, 16 Oktober 2014 | 10:10 WIB | Seputar Kecamatan
HARGA SAYUR ANJLOK, PETANI MERUGI
Wabup bersama anggota DPRD Tanah Datar dan Camat Salimpaung saat Raker di Salimpaung menyempatkan diri meninjau areal pertanian masyarakat di situmbuk. (Humas)

Kecamatan Salimpaung merupakan salah satu daerah sentral sayur di kabupaten Tanah Datar dan masyarakat petani sangat mengandalkan tanaman mereka mendapatkan harga yang wajar guna meningkatkan perekonomian masyarakat.  Namun kali ini harga sayur anjlok tajam seperti harga Buncis mencapai harga Rp300.-/kg, sehingga para petani banyak yang tidak mau memanen tanamannya.

Hal ini disampaikan Camat Salimpaung Hendra Setiawan dalam eksposnya pada acara kunjungan kerja Wakil Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi sekaligus Rapat Kerja kecamatan Salimpaung, bertempat di Gedung Serbaguna kecamatan setempat, Rabu (15-10). Ikut hadir pada acara ini anggota DPRD Yuteknil, Syahrial dan Yuvelma Jurin,  pimpinan SKPD kabupaten, Kepala Kemenang, Camat dan Muspika Salimpaung serta peserta Rakor terdiri dari Wali Nagari, BPRN, KAN, Wali Jorong, Kepala Sekolah, Kepala UPT dan undangan lainnya se kecamatan Salimpaung.

Menurut Hendra, dikecamatan Salimpaung setiap harinya setidaknya 20 ton/hari masyarakat menjual sayur keberbagai daerah seperti Riau, Kepri, Jambi dan daerah tetangga lainnya yang diangkut 20 buah truk perhari.  Kalau harga murah jelas petani akan merugi dan para petani banyak yang tidak mau memanen tanamannya, disamping harga murah juga diiringi dengan biaya angkut yang tinggi.

Disamping itu juga berkembang berbagai usul, saran dan permintaan kepada Bupati dan Wakil Bupati seperti kebutuhan air bersih untuk Nagari Tabek Patah, perbaikan jalan ke SMK Muhammadiyah Sumanik, trotoar di pasar Tabek Patah sampai ke SMAN 1 Salimpaung, pembangunan tugu bersejarah di Sitapuang Gadang Jorong Lawang Mandahiliang, pembenahan berbagai objek wisata, irigasi dan sebagainya.

Wakil Bupati Irdinansyah Tarmizi menjelaskan, rendahnya harga sayur akhir-akhir ini terutama Buncis disebabkan oleh panen raya, masyarakat sangat banyak yang menanam buncis dan panennya sama, sehingga harga langsung jatuh dan yang rugi juga masyarakat.  Untuk itu kedepan sangat diperlukan pengaturan pola tanam jangan sampai serentak menanam tanaman yang sama, kalau pola tanam sudah diatur maka harga akan baik.  Kepada PPL yang bertugas dikawasan pertanian ini diharapkan dapat mengarahkan masyarakat dan mengatur pola tanam yang baik sehingga nanti kalau panen harga tidak anjlok.

Berkaitan dengan berbagai kegiatan pembangunan yang disampaikan masyarakat, dijelaskan bahwa pada rapat kerja ini kita mengevaluasi kegiatan yang terkendala, sementara untuk usulan kegiatan sudah ada mekanismenya melalui Musrenbang, namun kalau ada hal yang sangat penting dan kebutuhan yang sangat mendesak maka perlu dibicarakan bersama.

Usai acara raker Wabup Irdinansyah Tarmizi bersama SKPD terkait meninjau Dusun Sitapuang Gadang Nagari Lawang mandahiliang, di Dusun ini pernah Bupati Militer pertama Tanah Datar Sidi Bakharuddin berkantor selama 6 bulan pada tahun 1949, jalan ke dusun ini dulunya dibuka dengan ABRI Masuk Desa (AMD) semasa Bupati Ikasuma Hamid, saat ini sudah dapat dilalui kendaraan roda empat dan sudah mulus, begitu juga listrik sudah masuk. Dilokasi ini akan dibangun tugu perjuangan karena merupakan tempat bersejarah.

Selanjutnya Wabup bersama SKPD terkait dan Camat Hendra juga meninjau jalan PNPM di Nagari Situmbuak, dengan menaiki sepeda motor Wabup Irdinansyah menelusuri jalan PNPM sepanjang 2 KM, lokasi ini juga cocok dikembangkan untuk objek wisata. (humas).

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id