Berita
Wabup Irdinansyah kunjungi Industri Kiniko Tabek Patah

POTENSI TANAMAN DAHLIA

Kamis, 16 Oktober 2014 | 11:06 WIB | Seputar Kecamatan
POTENSI TANAMAN DAHLIA
Wabup Irdinansyah saat berkunjung ke Kiniko Tabek Patah

Masyarakat dimana saja selama ini mengenal tanaman Bunga Dahlia hannya sebagai tanaman hias yang indah, bunganya beraneka ragam yang indah dipandang mata, namun dibalik keindahannya itu juga terselip potensi makanan yang sangat enak untuk dikonsumsi.

Industri Kiniko Tabek Patah yang terkenal dengan Pisang Salenya kini telah memproduksi berbagai jenis makanan khas Tanah Datar, bukan hanya pisang sale namun banyak yang lain seperti, kopi kiniko, berbagai olahan ubi jalar, ubi batang, berbagai macam kue dan kerupuk.  Kali ini juga ada penemuan baru pengolahan Umbi bunga dahlia yang selama ini terbuang percuma.

Pimpinan Industri Kiniko Tabek Patak Rina Azis yang juga ketua Kadin Tanah Datar ini banyak bercerita ketika Wakil Bupati Irdinansyah Tarmizi berkunjung ke Kiniko Tabek Patah Rabu (15-10). Wabup didampingi Kepala Koperindagpastam Hernita, Asisten Pemerintahan Altri Suandi, dan Camat Salimpaung Hendra Setiawan. 

Rina Azis menjelaskan Industri Kiniko ini sudah banyak memproduksi makanan khas Tanah Datar yang dapat dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan.  Kali ini ada penemuan baru untuk mengolah Umbi bunga dahlia, setelah diteliti di IPB Bogor ternyata Umbi Dahlia sangat baik untuk dikonsumsi manusia dan diolah berbagai jenis makanan dan saat ini telah diolah dengan berbagai jenis makanan. Pangan olahan dari umbi dahlia antara lain chestick, cendol, brounies, lapek, keripik, sagun,kue sapik dan onde-onde.

Menurut Rina, Industri Kiniko rata-rata dikunjungi turis mancanegara setiap hari 3.000 orang singgah, mereka disuguhi minuman kawa daun, kawa daun murbey dan makanan secara gratis, setelah selesai berkunjung mereka belanja oleh-oleh.

Wabup Irdinansyah yang baru bertugas sekitar 4 bulan menyatakan terkejut melihat berbagai jenis makanan yang diolah industri Kiniko ini dan ini merupakan potensi besar bagi daerah, ujarnya. Kedepan diharapkan lebih banyak lagi promosi terhadap berbagai jenis makanan olahan ini karena selama ini yang lebih banyak itu tahu baru para turis yang singgah ke industri Kiniko Tabek Patah.

Saat ini industri Kiniko terkendala dari bahan baku, untuk itu diharapkan kepada masyarakat juga dapat menanam bunga dahlia, disamping untuk keindahan juga mempunyai nilai ekonomis tinggi, ujar Irdinansyah. (humas).

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id