Berita
Bupati Tanah Datar terima 7.500 bibit tanaman buah

BALITBU ARIPAN SERAHKAN 7.500 BIBIT TANAMAN BUAH

Senin, 20 Oktober 2014 | 14:34 WIB | Seputar Kecamatan
BALITBU ARIPAN SERAHKAN 7.500 BIBIT TANAMAN BUAH
Staf Ahli Bupati Tanah Datar Bidang Ekobang, H. Adrion Nurdal Serahkan Bibit kepada salah seorang perwakilan dari wali nagari

Kepala Balai Penelitian Tanaman Buah (Balitbu) Sumatera Barat yang berlokasi di Aripan Solok DR.Mizu Istianto menyerahkan 7.500 bibit tanaman buah kepada Bupati Tanah Datar diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan Adrion Nurdal yang akan ditanam diseputaran danau Singkarak pada kecamatan Rambatan dan Batipuh Selatan, acara ini berlangsung Senen (20-10) DI Jorong Pasir Jaya Ombilin kecamatan Rambatan.

Ikut hadir pada acara ini Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Ediarman, Kepala Dinas Hubkominfo Daryanto Sabir, Camat Rambatan Erizanur, Camat Batipuah Selatan Elfi Sandri, Muspika kedua kecamatan, Wali Nagari, Wali Jorong, masyarakat setempat dan undangan lainnya.

Bibit tanaman buah tersebut setelah diterima Bupati Tanah Datar selanjutnya diserahkan kepada Wali Nagari Simawang, wali nagari III Koto dan wali nagari Batu Taba dan diserahkan langsung kepada masyarakat. Bibit tanaman buah yang diserahkan terdiri dari Jambu Biji Merah 5.000 batang, Sirsak 1.500 batang dan pepaya merah delima 1.000 batang.

Menurut kepala Balitbu Mizu Istianto, bibit tanaman buah ini diberikan kepada masyarakat baru setengahnya, kalau masyarakat menanam dan merawatnya dengan baik maka tahap selanjutnya akan ditambah sejumlah itu.  Kawasan Danau Singkarak sangat perlu dihijaukan untuk menjaga ekosistim dan penyerapan air disekitar Danau Singkarak, kalau selama ini penghijauan itu banyak dilakukan pepohonan, maka kali ini penghijauan itu dengan tanaman buah, dengan adanya bibit tanaman buah ini masyarakat diharapkan dapat menanam dan memelihara dengan baik, sehingga hasilnya juga akan dapat meningkatkan tarap ekonomi masyarakat.

Sementarta itu Bupati Tanah Datar yang diwakili Staf Ahli Adrion Nurdal menjelaskan, atas nama pemerintah dan masyarakat Tanah Datar memberikan apresiasi yang tinggi dan ucapan terima kasih kepada Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika atas dukungan dan kerjasama dalam kegiatan penanaman tanaman buah disepanjang pinggiran Danau Singkarak.

Terlaksananya kegiatan penanaman tanaman buah-buahan ini merupakan salah satu bentuk kerjasama antara Pemda Tanah Datar dengan Balitbu Tropika Sumbar serta partisipasi dan keikutsertaan masyarakat disekitar Danau Singkarak. 

Bupati mengharapkan kepada masyarakat, kita jangan hanya bisa menanam, tetapi kemauan dan kesadaran untuk memelihara tanaman yang sudah ditanam, sebab memelihara itu lebih sulit dari pada menanam.  Kalau tanaman ini nantinya dapat tumbuh dengan subur maka buahnya nanti akan dapat memperbaiki tingkat ekonomi masyarakat dan ketersediaan buah dimasa yang akan datang, apalagi ketiga nagari ini terdapat dilokasi wisata dan pada lintasan jalan negara yang sangat potensial untuk memasarkan produk yang dihasilkan masyarakat. Kedepan diharapkan disepanjang pinggiran danau singkarak terdapat sentra buah-buahan.

Bupati juga mintak kepada penyuluh pertanian, Wali Nagari dan Camat agar selalu melakukan pengawasan terhadap apa yang telah dilakukan, bimbing selalu masyarakat itu agar masyarakat termotivasi untuk melakukan hal yang terbaik demi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dimasa mendatang.

Penanaman tanaman buah ini disamping termanfaatnya lahan kosong disepanjang pinggiran danau singkarak terutama pada lokasi pekarangan rumah masyarakat, fasilitas umum juga dapat sebagai tambahan penghasilan masyarakat, disamping itu diharapkan disepanjang pinggiran danau singkarak semakin hijau, indah, asri dan terhindar dari bencana alam seperti kekeringan dan erosi.(humas).

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id