Berita
GSB V SALIMPAUNG

BUPATI SHADIQ BUKA GSB V SALIMPAUNG

Sabtu, 25 Oktober 2014 | 10:40 WIB | Seremonial
BUPATI SHADIQ BUKA GSB V SALIMPAUNG

Bupati Tanah Datar M.Shadiq Pasadigoe membuka secara resmi GSB V Salimpaungditandai dengan pemukulan gong, bertempat di halaman Kantor camta Salimpaung, Jum'at (24/10). Humas 

Bupati Tanah Datar M.Shadiq Pasadigoe membuka secara resmi Festival Pencak Silat Gelanggang Siliah Baganti (GSB) ke-5 Tingkat Nagari se-KabupatenTanah Datar yang ditandai dengan pemukulan gong, bertempat di halaman Kantor camta Salimpaung, Jum'at (24/10)

Acara ini dihadiri Wakil Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, Ketua beserta Anggota DPRD, pengurus IPSI Sumbar,Ketua IPSI Tanah Datar AR.Dt.Pangulu Sutan beserta pengurus, Camat se Tanah Datar, Muspika kecamtan salimpaung, tuo silek dan pemerhati pencak silat..

"GSB yang berlangsung selama tiga hari ini diikuti oleh pesilat dari seluruh Nagari di Tanah Datar dan kegiatan ini merupakan suatu penampilan silat tradisi yang telah terlaksana di Kabupaten Tanah Datar sejak empattahun lalu, dan ini satu-satunya ajang silat tradisi di Sumatera Barat," kata Bupati.

Untuk itu, kegiatan tersebut dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya sebagai ajang pembinaan olahraga pencak silat di Luhak nan Tuo ini.

Olahraga pencak silat sudah berkembang sejak nenek moyang masyarakat Sumatera Barat dan sampai saat ini tetap dilestarikan dengan cara menghidupkan seluruh sarana silat pada setiap nagari, sehingga budaya masyarakat minangkabau sebagai upaya untuk meningkatkan jati diri ini dapat dilestarikan secara terus menerus.

Orang minangkabau sejak dulu suka merantau dan sampai saat ini potensi rantau itu sangat membantu saudara kita di kampung halaman. Modal yang dibawa masyarakat minangkabau untuk merantau itu di antaranya pandai mengaji dan mempunyai ilmu bela diri yaitu silat. Dengan modal itulah warga minangkabau pergi merantau dan banyak yang sukses di rantau.

Kegiatan GSB tahun lalu yang diselenggarakan di kecamatan Lintau Buo Utara sebagai juara umum Nagari Lima Kaum kecamatan Lima Kaum dan berhak meraih piala bergilir Bupati Tanah Datar. Untuk tahun ini piala tersebut kembali diperebutkan dan telah diserahkan kontingen Lima Kaum kepada ketua Panitia pelaksana kecamatan Salimpaung.

Bupati Shadiq berharap kiranya GSB ini dapat dilaksanakan dengan penuh kekeluargaan dan menunjukan sportivitas yang tinggi, penampilan yang terbaik nantinya pasti akan jadi juaranya. "Untuk itu tunjukanlah penampilan terbaik dari setiap pesilat dari masing-masing nagari," Harap Bupati Shadiq.

Dimana pada tahun ini  pemda Tanah datar telah menganggarkan pada KONI Tnah Datar bonus Bagi Atlit berprestasi diantaranya bagi juara pada Porprof di Darmasraya nantinya bagi atlit yang mendapatkan mendali emas sebesar Rp 25 juta , perak Rp 6 juta dan perunggu Rp3 juta , harap Bupati memberi semangat.

Pada kesempatan itu, Bupati Shadiq juga mengimbau masyarakat Tanah Datar untuk selalu bersatu dan kompak, sebab dengan persatuan yang kuat itu daerah kita juga akan semakin kuat pula, apalagi kita melaksanakan GSB ini juga dalam rangka pengikat silaturahim dalam rangka menyambut Tahun Baru Hijirah 1436 H yang akan diselengarakan acara akbar di lapangan Cindua Mato Batusangkar diawali magrib mengaji dan pawai Ta'ruf seluruh TPA/TPSA se Tanah Datar harap Bupati Shadiq.

Bupati menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada IPSI Tanah Datar yang telah mampu melaksanakan GSB ini secara rutin dan kedepan diharapkan pelajaran pencak silat juga dapat dijadikan pelajaran ekstrakurikuler pada setiap SLTA dan SLTP, seperti yang telah dilakukan oleh SMAN 3 Batusangkar. Humas/Hr

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Informasi Wisata
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id