Berita
Peringatan Tahun Baru Hijriyah

MOMENTUM 1 MUHARRAM SEBAGAI SEMANGAT BARU UNTUK BERBUAT AMAL KEBAJIKAN

Minggu, 26 Oktober 2014 | 12:49 WIB | Seremonial
MOMENTUM 1 MUHARRAM SEBAGAI SEMANGAT BARU UNTUK BERBUAT AMAL KEBAJIKAN

Memaknai momentum 1 Muharram sebagai semangat baru untuk berbuat amal kebajikan, untuk bekal menghadapi Sang Illahi, hal ini disampaikan Bupati Tanah Data M. Shadiq Pasadogoe usai Shalat Magrib berjamaah di Gedung Maharajo Dirajo Batusangkar (24/10).

Shalat Magrib berjamaah yang dilakukan di gedung Maharajo Dirajo  Batusangkar tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan peringatan tahun baru Hijriyah 1436H, rencananya Shalat berjamaah ini dilakukan di Lapangan Cindua Mato Batusangkar, namun karena magrib tersebut diguyur hujan maka shalat berjamaah dipindahkan ke Gedung Maharajo di Rajo ini. Sebelumnya Shalat berjamaah ini diawali dengan Shalat Ashar berjamaah di Lapangan Cindua Mato Batusangkar. Untuk meriahnya peringatan tahun baru Hijriyah ini juga dilakukan berbagai kegiatan lomba seperti Lombah Qasidah Rebana, Bintang Qasidah Remaja dan MSQ Remaja. Usai Shalat Magrib berjamaah Bupati Shadiq bersama jamaah lakukan magrib mengaji karena hal ini juga dicanangkan dalam rangka momententum tersebut.

Bupati Shadiq dalam sambutannya sampaikan beberapa hal penting terkait dengan 1 Muharram, peringatan tahun baru ini memberikan keyakinan bahwa waktu merupakan refleksi diri dalam kehidupan dunia yang akan dipertanggungjawabkan di akhirat kelak. Sebagaimana sabda Rasulullah adalah orang yang merugi jika hari ini sama dengan hari kemarin dan hari esok lebih buruk dari hari ini. Dan kamu akan termasuk kaum yang beruntung jika hari ini lebih baik dari hari kemarin dan hari esok lebih baik dari hari ini.

Pemahaman itu memberikan keyakinan bagi kita bahwa waktu bukan sekedar kumpulan angka-angka yang tertera pada jarum jam atau kalender semata, namun waktu adalah sesuatu yang harus dipertanggungjawabkan kepada Allah SWT kelak.

Peringatan tahun ini sebagai momentum perubahan budaya secara individual keluarga dan masyarakat yang selama tahun sebelumnya mungkin masih ada kekurangan atau kealpaan, perubahan ini bisa terjadi apabila setiap umat Islam mampu menghijrahkan seluruh kekuatannya bagi kemajuan dalam kehidupan secara pribadi.

Perubahan tersebut dimulai dari diri, rumah tangga dan masyarakat secara umum akan membawa dampak positif sejalan dengan perkembangan zaman, dan harus dimulai dari sekarang, oleh karena itu ada tidaknya perubahan dalam kehidupan seseorang maupun kelompok sangat tergantung pada individu mapupun kelompok itu sendiri. Intinya Islam juga mengajarkan bahwa hari-hari yang dilalui hendaknya selalu lebih baik dari hari-hari sebelumnya, setiap muslim dituntut untuk selalu berprestasi, yaitu menjadi lebih baik dari hari kehari.

Bupati Shadiq juga tambahkan peringatan ini walau tidak dianjurkan secara syariat, namun ini merupakan refleksi dari kita umat Islam yang sebenarnya, karena selama ini kita lihat peringatan tahun baru masehi seluruh penjuru dunia termasuk umat Islam sendiri begitu semarak dalam merayakannya, bahkan perayaan tersebut tidak sedikit menimbulkan kemaksiatan karena dirayakan diberbagai tempat, seperti puncak gunung ditepi pantai maupun danau, hal ini bisa saja menimbulkan perbuatan maksiat, mabuk-mabukkan bahkan hiburan diberbagai tempat yang akan dapat menimbulkan syahwat.

Sesuatu yang disambut dengan tidak baik tentu akan berakibat tidak baik pula, maka dari itu saya himbau dan ajak kita semua dalam momen yang instimewa ini untuk kembali kejati diri kita yang sebenarnya umat Islam yang betul-betul beriman, agar Negara kita ini terhindar dari malapetaka mapun bencana. Mari matikan TV saat Magrib tiba dan ambil Alquran dan kita baca serta pahami kandungan yang terdapat di dalamnya dan biasakan anak-anak kita membaca alqura, himbaunya.

Momen Peringatan tahun baru Hijriyah ini juga dimeriahkan penampilan hafiz dan hafizah cilik cilikqasidah rebana pemuncak lomba yang diadakan sebelumnya dan ditutup dengan tablig akbar, turut hadir Wakil Bupati Irdinansyah Tarmizi, ka Kemenag Drs. H. Malikia, MA, Ketua STAIN Batusangkar Dr.H. Kasmuri, MA, Kadisbudparpora Marwan, SE Kabag Kesra dan Jamaah BKMT se Tanah Datar

(Humas/Irfan F)
Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Informasi Wisata
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id