Berita
syiar Tahun Baru Hijriah

23.000 SANTRI DIDIKAN SUBUH PADATI KOTA BATUSANGKAR

Senin, 27 Oktober 2014 | 09:47 WIB | Seremonial
23.000 SANTRI DIDIKAN SUBUH PADATI KOTA BATUSANGKAR

pawi

Umat muslim berasal dari berbagai TPA/TPSA, pengurus TPA/TPSA, pegawai negeri, Ketua DPRD Tanah Datar dan pimpinan SKPD. Mereka berbaur dengan satu niat menyemarakkan Islam dalam rangka menyambut masuknya 1 Muharram 1436 H, dan melepas kepergian tahun 1435 H dengan segala kenangan dan kemenangan yang diraih.

Lapangan Cindua Mato Batusangkar berubah jadi lautan umat. Ribuan manusia, sejak Sabtu (25/10) subuh mendatangi kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di jantung Kabupaten Tanah Datar itu. Semakin siang, santri yang tiba semakin banyak

Wakil Bupati H. Irdinansyah Tarmizi, terlihat sangat terharu dengan ribuan murid TPA/TPSA yang memadati lapangan Cindua Mato. Ada juga seruan-seruan Islami seraya tak henti-hentinya menyebut Asma Allah, menyaksikan betapa umat Islam dengan sungguh-sungguh menyambut kedatangan tahun baru Islam itu.

 "Kita bersyukur kepada Allah, syiar Islam di Tanah Datar dari hari ke hari semakin bagus. Ini merupakan buah dari kerja keras selama ini. Program pembinaan keagamaan umat yang dibingkai dengan filosofis Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK) mulai membuahkan hasil," ujar Wabup Irdinansyah.

Disebutkan, pergantian tahun baru Islam yang dilakukan besar-besaran tahun ini, tidaklah dimaksudkan berbuat ria, tetapi semata-mata untuk membuktikan kepada umat, bahwa ada harapan-harapan baru bagi upaya peningkatan kemajuan dan kesejahteraan, seiring dengan masuknya tahun baru 1436 hijriyah ungkap Wabup Irdinansyah..

Syiar 1 Muharram 1436 H yang disambut besar-besaran di Tanah Datar kali ini, sekitar 23.000 santri didikan subuh, TPA dan TPSA se-Tanah Datar berkumpul. Bila sehari sebelumnya lapangan itu dipadati ribuan jemaah Shalat Maghrib, maka pagi itu, lautan manusia kembali terjadi, namun kali ini berasal dari kalangan anak-anak usia 6 hingga 15 tahun.
Puluhan ribu anak berkumpul di lapangan yang terletak persis di depan kediaman resmi Bupati Tanah Datar itu, guna melakukan apel akbar dan pawai taaruf mengelilingi jalan-jalan utama di Batusangkar. Star dan finishnya dimulai dari sini. Semarak 1 Muharram 1436 H benar-benar menyungkupi bumi Luhak Nan Tuo tahun ini.

Menurut laporan Panitia Maswardi apel akbar didikan subuh tahun ini merupakan yang terbesar di Tanah Datar terbukti dengan hadirnya 23.000 santri dari 165 TPA/TPSA dari 14 kecamatan diTanah Datar.  

Kegiatan juga telah digelar sejak sepekan sebelum masuknya tahun baru Islam tersebut. Ada yang berbentuk lomba dan festival, ada pula dalam bentuk kegiatan-kegIatan sosial dan syiar Islam. Humas/Hr/Fan

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Informasi Wisata
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id