Berita
Bantuan dan Sosialisasi

252 RUMAH KELUARGA MISKIN DI BATSEL MENERIMA BANTUAN DARI KEMENPERA RI

Jumat, 31 Oktober 2014 | 13:43 WIB | Seputar Kecamatan
252 RUMAH KELUARGA MISKIN DI BATSEL MENERIMA BANTUAN DARI KEMENPERA RI
Wabup Irdinansyah Tarmuzi saat menyerahkan bantuan rumah swadaya dari kemepora di masjid besar sumpur - batsel

Masyarakat kecamatan Batipuh Selatan benar-benar bersyukur karena kementerian Perumahan Rakyat RI memberikan bantuan stimulan perumahan swadaya tahun 2014 kepada 252  keluarga miskin di empat nagari kecamatan Batipuh Selatan, bantuan ini diserahkan secara sembolis oleh Asisten Deputi Evaluasi Swadaya Kemenpera RI Edko D.Heri Purwanto kepada Wakil Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi untuk selanjutnya diserahkan kepada perwakilan penerima.

Acara ini berlangsung di Mesjid Besar Sumpu Malalo, Jumat (31-10), ikut hadir pada acara ini dari Kajari Padang Panjang, BRI Padang panjang, Muspika Batipuh Selatan, Kepala Dinas PU, Kepala Inspektorat, Wali nagari, para pembimbing, pemilik toko bangunan dan para penerima bantuan perumahan.

Masing-masing keluarga miskin dari 252 itu menerima Rp.7.500.000.- bantuan ini diserahkan dalam bentuk tabanas BRI kepada masing-masing kepala keluarga.  Bantuan ini hanya boleh dibelikan kepada bahan bangunan, sementara untuk upah tukang diharapkan dikerjakan dengan swadaya, baik oleh keluarga masing-masing maupun secara berkelompok.

Pada kesempatan itu selain menyerahkan bantuan sekaluigus juga dilakukan sosialisasi terhadap  pelaksanaan program ini, sosialisasi disampaikan Asisten Deputi Evaluasi Swadaya kemenpera Eko.D.Heri Purwanto yang diikuti oleh seluruh penerima bantuan.  Sosialisasi ini diberikan guna memperjelas bagaimana tata cara kelangsungan kegiatan yang dilakukan.

Masyarakat penerima bantuan dapat menguangkan dana ini dua tahap, untuk tahap pertama paling lama tanggal 7 Nopember 2014 dan ditansfer langsung kepada toko bangunan, tahap dua tanggal 7 Desember 2014, apabila lewat tanggal 7 Desember penarikan dana maka dana itu diblokir langsung oleh Kemenpera.  Untuk itu diharapkan bimbingan dari Wali Nagari dan Camat serta pembimbing yang telah ditetapkan agar dana ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Bantuan yang diberikan oleh kemenpera ini memang tidak cukup, dengan dana ini minimal akan terlaksana pembangunan atap, didnding dan lantai (Aladin), ujar Eko.  Namun dengan adanya program ini juga ada partisipasi dari masyarakat dan perantau bagaimana rumah itu dapat dibangun dengan layak huni, ujarnya.

Wakil Bupati Irdinansyah Tarmizi mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada kemenpera RI yang telah memberikan bantuan untuk 252 unit rumah keluarga miskin, diharapkan tahun depan akan lebih banyak lagi bantuan untuk Tanah Datar karena masih banyak lagi masyarakat keluarga miskin di 14 kecamatan yang membutuhkan bantuan.

Kepada masyarakat penerima bantuan dihimbau untuk bersyukur atas bantuan ini, apabila kita bersyukur menerima nikmat maka Allah berjanji akan menambahnya, tetapi sebaliknya kalau kita kufur nikmat maka ingatlah azab Allah sangat pedih.  Kemudian kepada masyarakat diharapkan untuk dapat membelanjakan uang bantuan ini sesuai dengan petunjuk yang telah ditetapkan, jangan sampai uang bantuan ini dibelanjakan untuk keperluan lain. (humas).

 

 

 

 

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id